Cara Pilih Busur Panah yg Sesuai

Sudah tidak diragukan lagi, interogasi tentang trik memilih gendewa panah yang tepat, adalah salah satu problem yang paling sering ditanyain sama orang2 yang trendi mulai bermain panahan.

Termasuk kami semua dahulu. Agar lebih yakin dan bukan keliru.

Siap beberapa tips dan hal penting nih yang mesti diperhatikan jika Anda ingin membeli satu buah peralatan panahan.

Secara, panahan itu kan sebuah sports yang mengidamkan konsistensi & ketekunan unit tinggi.

Jika Anda berfikir olahraga yang satu itu bisa dikuasai hanya beserta beberapa periode berhasil pas mengenai sasaran, berarti Dikau memiliki kesadaran yang cela.

Karena memanah tidak semudah kelihatannya.

Yaa mungkin saja ketika Engkau melihat seseorang bermain panahan, memang tampak sangat gampang, tapi belum tentu saat prakteknya.

Kecuali harus mampu mengatur tempat dari pendatang seperti petunjuk kecepatan udara dan tutul sudut.

Memanah juga membuthkan keterampilan dalam settingan instrumen, maupun tekniknya, supaya Kamu bisa luar biasa menembakan setiap anak panahnya dengan perolehan yang terbaik.

Gimana sanggup hal itu tercapai kalo kita semata-mata menagndalkan terang pinjeman memiliki teman?

Akur walaupun tidak papa pun, tetapi bahwa Anda menghendaki untuk mengulas bidang olahraga yang wahid ini, oleh karena itu hukumnya wajib bagi Dikau untuk memilikinya sendiri.

Akan tetapi kalau dilihat melalui sisi yang lain, peranti yang diterapkan dalam sports memanah pun bsia dibilang bukan kurang lebih yang sedikit.

Jadi pada setiap Anda ingin membeli salah satunya, Anda mesti teliti di milih, mana yang luar biasa dibutuhkan, & mana yang sifatnya seharga sekedar untuk aksesoris.

jual busur panah Lamun semisal sudah beli akan tetapi ternyata bukan cocok, kendi kalau dijual lagi juga kemungkinan besar nggak akan pulih modal.

Nah, untuk awal-awal memang jalan terbaik untuk mengetahuinya adalah menggunakannya terlebih dahulu, sekadar coba-coba lah, bisa secara meminjam punya teman, ataupun punya uni panahan.

Biasanya sih puas ke union yah minjemnya. Karena jika di klub-klub memanah, lazimnya ada cenderung pilihan tolok ukur, maupun berat tarikan mulai busur panahanya.

Jadi Anda bisa lepas memilih mana yang kian tepat untuk Anda sendiri, dan umumnya yang segak itulah yang nantinya Engkau bisa cari.

Setelah Dikau memang telah memiliki pedoman yang manatap untuk menyusur bidang olahraga ini, pertama-tama mulailah untuk berlatik teknik-tekniknya, sambal langsung mengimbanginya secara berlatih.

Nah, kalau ngerasa sudah medapati busur bahkan panahan yang cocok, pertama deh Engkau bisa menebak-nebak beberpa sesuatu berikut, serupa acuan pada Anda ingin membeli sebuah set panahan.



#1 – Menentukan Implementasi Panahan
Dari segi kami, sesuatu inilah yang menjadi unsur pertama yang harus diputuskan, apakah Anda Pengguna Right Gripper, ataupun Left Gripper.

Sebagian luas para pemanah yang terselip di jagat adalah pemanah yang menggunakann tangan daksina (tangan kiri yang megang busur, dan tangan kanan yang memikat string).

Namun demikian bukan bermanfaat Anda kudu ikut-iktanan mana yang cenderung kok. Walhasil kembali dalam Anda sendiri, tangan mana yang kian nyaman dimanfaatkan untuk memanah.

Selain tangan yang bersungguh-sungguh penting pada memanah, pujaan juga menjadi anggota badan lain yang sangat getol karena dipakai untuk menunjukkan sasaran.

Setara halnya beserta tangan, penggunaan mata di memanah pula bisa mempergunakan mata yang kiri (kidal).

Istilahnya merupakan eye dominance, nah itu juga cantik lagi di Anda, kian nyaman mempergunakan yang mana?



#2 – Jenis busur
Kalau tempat yang wahid ini, intim sepenuhnya tentang masalah selera, dan sisanya masalah dana.??

Apabila ditinjau dari harganya, dalam dunia panahan terselip banyak sekali kesukaan jenis gandi yang siap digunakan, contohnya seperti recurve bow, long bow, horsebow, compound, serta yang lain sebagainya.

Semua jenis-jenisnya, memiliki dengan minus-nya masing-masing.

Untuk perkara harga, busar olympic recurve bow serta compound bow adalah rupa yang termahal dalam dunia memanah, hanya untuk starter kit-nya saja, ongkos yang dibutuhkan bisa datang 10 juta ke atas.

Belum lagi kalau Anda mengigaukan peralatan- kelengkapan memanah yang terbaik seluruh, wah bisa-bisa habis puluhan juta.

Nah, untuk Dikau yang punya low budget. Tenang, Kamu tidak sendirian kok, disana masih besar kok orang yang memiliki budget yang sama, apalagi untuk orang-orang yang biasanya segar mau memulai hobi panahan.

Diantaranya, siap beberapa species busur yang lumayan mantap kualitasnya, akan tetapi untuk sudut harga, pula masih dapat menjadi saran.

Hanya sekadar gambaran pangkat saja yah, jangan dikira apa-apa nih.



#1 – Standard bow

Sebenernya rupa yang wahid ini adalah jenis recurve bow, namun dalam corak general-nya.??

Untuk harga panahannya, standard bow biasa kena kisaran 3 juta, ini pun perlengkapannya sudah sepadan lengkap.

Jika hanya hanyalah busurnya saja, kenanya dalam kisaran martabat 1, 6 juta.

Sejumlah contoh panahan denga paket yang pas lengkap, antaralain:

Handle – Pegangan utama
Limbs – Bagian per pada panahan
String – Tali di panahan
Tas panah
The arrow – Anak tanda
Finger tab – Barier jari
Arm guard – Pelindung tangan
Arrow rest – Tempat anak panah pada bagian depan busur
Bow stringer – Alat sambungan yang dimanfaatkan untuk menarik anak panah


#2 – Horse bow

Mungkin diantara para pembaca ada yang berfikir,.. “hmm panah kuda”, mungkin panah yang digunakan sama aswa.

Yup, nggak salah-salah banget sih. Umumnya horse bow itu ialah sebuah busur yang sempurna apabila dikenakan sambal menunggang kuda.

Emang ada penunjuk yang nggak cocok, bahwa sambal menggandar kuda? Jawabannya ada.

Nah, busur yang satu tersebut memiliki gambaran ukuran yang relatif sedikit, walaupun ada juga yang berukuran berjarak.

Material yang seringkali diterapkan sebagai bahannya adalah, bamboo ataupun tiang.

Busurnya sendiri terdiri atas 3 potongan utama, yakni handler busur, dustar (bagian lengan yang dapat menyelimpang ketika busur ditarik), & siyah (bagian kaku yang terdapat pada ujung-ujung lung, tempat untuk mengaitkan senar busur).

Kecuali itu, macam panah yang satu berikut juga seringkali disebut beserta busur reflex.

Kenapa? Benih busur berikut, umumnya mempunyai bentuk letter C begitu belum dipasangkan dengan saluran.

Serta, kudu diregangkan terlebih dahulu ketika ingin dipasangkan tali.

Daya dari gendewa horse bow, bisa disebut juga tidak kalah mumbang busur yang lainnya, sebab memiliki watak potential per yang besar pula.

Nah, karena besarnya kekuatan dan efektifits di panah horsebow, membuat terang yang tunggal ini cukup banyak diinginkan oleh masyarakat, sehingga persediaannya seringkali langsai.

Untuk menggenapi permintaan rekan yang ada, akhirnya para produsen panahan membuat 1 buah busur yang mirip menyerupai horse bow, namun material yang dimanfaatkan berbahan serat.

Diantaranya, pula ada yang terbuat dari PVC.

Terlebih, saat ini tidak sedikit juga tanda horse bow yang terbuat oleh pembuat lokal. Menjadi otomatis, martabat panah yang ditawarkan pula termasuk sangat murah.

Kira-kira diantaranya tersedia yang sampai menjualnya dengan harga 700 ribu rupiah.

Bahan yang digunakan ialah fiber serta kayu.

Yang mana kalau diperhatilkan, pangkat tesebut telah cukup murah. Apalagi kalau sudah termasuk finger tab dan arm guard-nya.

Terbatas tambahan, untuk anak panahnya biasanya belum satu pangsa ketika Engkau membelinya, namun umumnya keturunan panah dijual secara tersisih.

Horsebow fiber

Ada soulusi lain nih kalau Kamu menginginkan horse bow yang lebih sedikit, yakni gandi dengan material PVC (paralon).

Yang paling murah, horse bow dibandrol dengan mutu 450rb.

Tetapi kami nggak bisa mengasese loh ya, apa aja alat-alat yang ada di dalamnya, seminimal- minimalnya gendewa sama talinya lah yaa.

#3 – Busur Tradisional

Mirip laksana horse bow, material yang digunakan sama-sama kayu dan bambu, perbedaannya ada di desainnya.

Lamun horse bow di desain secara optimal supaya nyaman dan gampang digunakan saat sambal berkuda, nah kalau yang konvensional, hanya dalam desain kolektif seperti panahan pada umumnya.

Harga yang di harga sekitar 650 ribu yen, belum termasuk aksesoris yang lain, seperti bujang panah, finger tab, & arm guard.

#4 – Busur PVC

Bisa dibilang, busur inilah yang paling murah diantara semuanya.

Tapi untuk kualitasnya, kami pula tidak menyarakan kalau Dikau benar-benar ingin menekuni faktor olahraga yang satu tersebut, lebih cantik Anda mengambil standard bow yang sudah biasa lengkap beserta segala peralatannya.

Material handle yang dimanfaatkan pada gendewa PVC berbahan dasar mulai kayu, sedangkan untuk limbs-nya yang biasanya digunakan merupakan PVC yang diisi beserta bambu.

Mutu yang dikasih oleh penjual umumnya beredar antara 300-400 ribu yen.


#3 – Ukuran Busur
Nah, faktor lainnya yang perlu diperhatikan adalah, ukuran riser panah, atau gaib dikenal juga dengan busur.

Khususnya untuk “standard bow recurve ” dan “olympic style recurve “, dari berbagai jenisnya, beberapa antaralain ada standar busur khusus yang mampu disesuaikan secara postur badan.

Yap gak lain sebab postur tubuh lah yang akan menawan seberapa berjarak tarikan yang dibutuhkan(draw length).

Nah, habis length inilah yang bakal menjadi contoh Anda, untuk memilih mana ukuran gendewa yang tepat untuk dimanfaatkan.



#4 – Berat Pungutan (Draw Weight)
Nah, syirik yang tertinggi terjadi ketika seseorang mengambil panah ialah, membeli terang yang benar-benar berat, tujuannya biar tidak perlu beli-beli lagi.

Mungkin awalnya Kamu berpikir hendak terbiasa nantinya, tapi gak pada otentik.

Hal ini pula yang biasanya terjadi untuk Anda yang tetap pemula, sejumlah diantara abdi juga mengerjakan hal tersebut dulu, & hasilnya gak memuaskan sebagaimana ekspektasinya.

Kenapa? karena pada tahap prolog belajar panahan, hal yang paling tertinggi adalah mempelajari teknik.

Nah, kalau tubuh kita saja perlu bisnis yang komisi hanya sekedar untuk menarik string, kiranya teknik yang diperhatikan, malah nantinya mau kesusahan sendiri ketika ingin menembak.

Belum lagi kesaksamaan tembakan yang dilepaskan pula bakal hancur-hancuran, dikarenakan kesulitan untuk mengolah kekuatan tarikan.

Tenang, nggak usah segan kalau semisal Anda merupakan seorang perwira yang martabat kalau pada waktu cuma mempesona busur secara kapasitas 20 lbs.

Hal itu sudah biasa wajar kok, karena otot yang dimanfaatkan untuk memanah, adalah otot yang rongak digunakan sehari-hari pada aktifitas biasanya.

Lumayan catatan nih ya, kursus memenag ini membuthkan konsistensi dan ketegaran yang semua, dan latihannya bisa sampai berjam-jam.

Kendi percuma pada waktu punya busur draw weight dengan rampasan yang buntal kalau semata-mata bisa memikatnya 10 x doang, abis itu refleks tepar, yah, nggak mau memberikan perbawa yang besar untuk kedepannya.

Lebih indah menggunakan gandi yang teratur saja, tapi hasil konklusi dari pendidikan yang diterapkan, matang secara sempurna.

Busur dengan pungutan 20-30 lbs juga masih bagus mengapa, dan reses yang mampu dicapai dapat sampai 20 meter, mungkin lebih.

Kendi kalau hanya untuk sayembara indoor, semata-mata sekedar 18 meter.

Coba-coba aja dulu punya pinjem punya temen, dan lihat.

Mana yang menurut Dikau cukup ringan, dan sempurna sanggup untuk menariknya hingga berjam-jam.

Tujuannya tidak unik supaya kursus yang dilakukan lebih sempurna kok.

Nah, ketika setelah Anda sudah biasa mulai terbiasa, baru deh bisa coba-coba dinaikan sedikit demi sedikit draw weight–nya.

Dinaikan secara kapasitas dibawah 5 lbs masih sedang enak mengapa untuk penyesuaiannya.

Tidak kudu beli mengapa, salah saeorang dari kita sendiri relasi barter. Coba aja Pajang di supel media, insyaalla ada saja setelah peminatnya.??

*Catatan, untuk tolok ukur bow, limbs yang tersedia mulai dari 18-40 lbs.

Untuk nambahnya kelipatannya, biasanya tiap-tiap 2 lbs.

Biasanya orang-orang yang baru mulai memanah, menggunakan tarikan yang 24 lbs, itu pun pun mayoritas masih gemeteran kompatibel menggunakannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *